Hobi dan Inspirasi Menuju Bisnis

hobi-dan-inspirasiHobi dan Inspirasi adalah sebuah modal yang kuat untuk menuju ke suatu hasil yang memuaskan dalam sebuah pekerjaan maupun bisnis. Hobi adalah minat kita terhadap suatu bidang, kita melakukanya dengan rasa senang dan akan merasakan kepuasan tertentu ketika melakukanya . Maka bisa diartikan Hobi adalah sebuah aktivitas atau kreasi yang dilakukan seseorang guna menenangkan diri. Sedangkan Inspirasi adalah sebuah pemikiran yang keluar dari diri kita sehingga menghasilkan ide kreatif yang mampu menciptakan sebuah gagasan baru terhadap suatu pengamatan. Inspirasi sendiri tidak dapat datang dengan sendirinya, melainkan kitalah yang menghasilkan. Kapan inspirasi datang? Ketika kita membiasakan diri berpikir positif dan berusaha menciptakan sebuah konsep baru. Maka terciptalah sebuah ide. Baik ide yang kreatif maupun unik. Lalu apa guna inspirasi bila kita tidak merealisasikanya?

Ketika kita akan menentukan peluang bisnis. Hendaklah segera dipikirkan matang-matang dan segera di kerjakan tanpa di tunda. Tips dibawah bisa dijadikan sebagai refrensi sobat dalam memilih suatu bisnis yang akan di tekuni nantinya. Karena sesuatu yang baik adalah sepenuhnya, atau tidak setengah-setengah dalam menjalaninya.

Bisnis apa yang baik untuk saya? Mari kita simak artikel kali ini.
Tips Hobi dan Inspirasi untuk menuju Bisnis.

1. Hobi

Hobi sebenarnya dapat membawa kesuksesan dalam berbisnis. Apakah minat dan bakat sobat? Pahami dan segeralah bergerak untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan minat dan bakat sobat. Sebab pekerjaan dalam berbisnis akan terasa lebih mudah jika kita lakukan dengan perasaan senang. Mari kita mulai dengan hal yang kita sukai dan mengembangkan bakat kita. Kenapa harus sesuai hobi? Karena hobi biasanya sedikit banyak sudah kita kuasai.

Misal menjahit , mari mulailah menjual hasil karya kita itu, seperti mencoba menjahit taplak meja,hijab dan hal-hal sederhana yang sekiranya cukup mudah untuk awalnya. Sekaligus perlahan belajar design costum original buatan sobat sendiri.

Bila sobat memiliki hobi memasak, cobalah membuat masakan atau jajan pasar yang nantinya bisa sobat setor ke warung makanan dan pasar. Bila hasilnya bagus nantinya bisa sobat kembangkan lagi. Kalau memang ada tempat silahkan coba buka warung makan sendiri. Kelak bisa berkembang menjadi caffe bila kita mau berjuang dan mempelajari. Bila butuh berbagai resep silahkan buka Resep dan cara mudah memasak

Apa hobi mimin? Hehe, saya sebenarnya memiliki hobi yang kontroversi. Karena saya memiliki hobi Nge-Game. Kenapa saya sebut kontroversi? Karena sebenarnya hobi ini baik bila kita melakukanya dengan waktu yang sesuai dan secukupnya. Nge game dapat menghibur diri,menambah teman dan menguras uang jajan (wkwkw). Apalagi game online. Namun lama-kelamaan asik dan bikin lupa waktu sehingga banyak tugas yang terlewatkan. Itulah sisi negative dari game. Untuk masalah efek dari permainan bukan disini saya akan membahas.. hehe. Nah dari hobi yang saya miliki,dan saya lakukan beberapa tahun. Akhirnya munculah ide untuk membuka GameNet sendiri. Karena bisnis yang baik adalah dijalankan dengan rasa senang. Namun apakah setiap orang hobi bermain game itu mengerti akan computer dan perlengkapanya? Itulah tantangan yang harus kita hadapi. Karena itu hobi kita, Susah senang akan kita jalani dengan penuh semangat. Peluang bisnis dan proposal

2. Up to date

Selain melakukan hal yang di sukai, kita juga bisa melihat perkembangan di sekitar kita dalam menentukan bisnis kita yang tepat. Jika ingin bisnis kita laku, kita coba mengikuti keinginan pasar. Karena produk ataupun jasa yang sesuai kesukaan banyak orang biasanya laku untuk di jual, sehingga akan menentukan bisnis yang tepat. Misalnya sekarang sedang tren full color fashion, kita coba menjual cloth dengan warna-warna cerah dan lucu. Bila dirasa banyak sekali warnet dan gamenet. Namun belum ada tempat nongkrong yang asik, bisa kita variasi dengan CaffeNet yang nantinya konsep caffe akan di gabung dengan warnetnya. Karena anak jaman sekarang suka sekali tongkrong dan berkumpul bersama teman untuk membahas sesuatu. Sehingga bisnis yang akan kita jalani sesuai dengan perkembangan yang ada. Bila sekarang musim Gadget yang selalu up to date, bisa coba kita kembangkan counter handphone kita dengan macam variasi yang baru sekaligus HP yang up to date pula. Pastinya akan banyak orang yang mengunjungi untuk mengganti gadget mereka dengan gadget yang terbaru.

Misal kita sudah membuka usaha bengkel, tidak ada salahnya selain menyediakan sparepart inti, kita juga menambahnya dengan menyediakan variasi kendaraan yang terbaru. Karena anak jaman sekarang suka merubah tampilan kendaraan mereka. Bila banyak sekali pengguna kendaraan disekitar bisa juga kita tambahkan layanan pencucian kendaraan. Intinya sesuaikan bisnis sobat dengan tren masa kini.

3. Melihat situasi sekitar

Kita perlu melakukan penelitian dalam memilih bisnis, tentang kebutuhan target pasar atau masyarakat sekitar kita. Kebutuhan masyarakat pun selalu berbeda tergantung lokasi, waktu dan situasi. Jadi kita harus cermat memperhatikan di sekeliling kita . Misal melihat jarangnya penjual Pulsa listrik dan tiket alat transportasi di daerah kita. Sebaiknya kita ambil kesempatan tersebut untuk membukanya. Kemudian apabila rumah kita berada di dekat sekolah atau home industry. Bila sudah ada warung, kita juga bisa membukanya dengan menu yang berbeda. Sehingga mereka yang bosan dengan menu yang ada akan mencoba membeli di warung kita.

4. Kualitas

Segala macam bisnis pastilah memiliki indikasi dalam kualiatas atau nilai jual. Jangan terburu-buru,pelajarilah sesuatu itu dengan baik. Karena bisnis yang baik biasanya memiliki kualitas dan pelayanan yang baik. Apalagi bila kita bisa menyediakan dengan hal yang baru dan ada unsur keunikan di dalamnya. Yang artinya produk kita memiliki khas tertentu atau beda dengan pelaku bisnis yang lain dalam satu bidang ( produk Original ). Sehingga akan memberikan nilai tersendiri bagi konsumen dalam memilih produk yang akan mereka gunakan ataupun jasa yang akan mereka pilih. Kenapa kualitas saya letakkan paling akhir? Karena untuk mendapatkan sebuah kualitas biasanya dibutuhkan pengalaman yang cukup untuk menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai tinggi.

Itulah tips dan cara mengembangkan hobi yang kita miliki sehingga merubah sebuah inspirasi menjadi suatu bisnis yang dapat kita tekuni. Semoga tips diatas dapat membantu sobat dalam meraih bisnis yang di impikan. Sekian post kali ini yang dapat dibagikan untuk sobat.

Semoga bermanfaat.

[ B.O.Y ]

Luangkan waktu 1 menit sobat untuk berbagi ( share ) maupun berkomentar. Terima kasih

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of