Macam Jenis Sablon Kaos Lengkap

Macam jenis sablonSedang belajar mengenai macam-macam sablon, Apa itu sablon, sablon manual adalah,  sablon digital adalah,  dan Apa kelebihanya. Akan saya bahas beberapa ilmu menarik dari dunia desain kaos yang di aplikasikan melalui media sablon. Lalu apa sebenarnya pengertian sablon menurut sobat.

Sablon adalah sebuah metode yang dikerjakan dengan proses mencetak suatu grafis menggunakan kain saring (gasa) pada suatu bidang sasaran cetak. Misalnya, kertas, kaos, plastik, plat dan lain sebagainya.

Pada waktu sebelumnya, alat sablon yang banyak dikenal dan digunakan adalah menggunakan Screen sablon dan Rakel sablon. Bagaimana dengan sekarang, sebenarnya seiring perkembangan jaman kini telah hadir salah satu metode sablon yang baru, yaitu sablon menggunakan mesin.


Secara umum Jenis Sablon dibagi menjadi dua, yang berdasarkan metode pengerjaanya.

  • Sablon Manual
    Sablon manual adalah teknik sablon yang dalam proses pelaksanaanya menggunakan peralatan sederhana seperti screen sablon, rakel sablon dan alat penunjang lainya sehingga sebagian besar proses sablon masih menggunakan keahlian manusia dalam proses pengerjaannya. Kelebihan Sablon Manual adalah pilihan bahan tintanya lebih banyak, daya tahannya lebih tinggi dan cocok digunakan pada jenis bahan kaos apapun.
  • Sablon Digital
    Sablon digital adalah teknik sablon yang dalam proses pengerjaanya menggunakan bantuan mesin dalam menghasilkan sablonnya. Menurut peralatan yang digunakan dan bahan-bahannyapun beragam, Sablon digital sendiri kini dibagi menjadi tiga bagian yaitu,Teknik Sablon Hotpress
    Dalam proses pengerjaanya menggunakan teknik sublimasi untuk menghasilkan hasil sablon, Alat yang digunakan adalah Printer berwarna yang sudah di modifikasi menggunakan tinta khusus dan dicetak pada kertas transfer. Kemudian diakhiri dengan meletakkan di mesin Hotpress guna memindahkan sablon dari kertas ke kaos. Kelebihan Sablon Hotpress adalah memiliki waktu yang relatif cepat dalam pengerjaan dan hasil tampak lebih bagus.Teknik Sablon Hotpress (Cutting)
    Dalam proses pengerjaanya mengandalkan mesin potong sticker atau cutting. Setelah pola didapat segera singkirkan bahan yang tidak dipakai setelah proses cutting dilanjutkan dengan eksekusi di mesin hotpress guna melekatkan bahan dengan kaos. Bahan yang digunakan dalam metode ini misal, Polyflex, Bludru dan lain sebagainya. Kelebihan Sablon Hotpress (Cutting) adalah memiliki banyak refrensi bahan yang dapat digunakan dalam sablon yang dapat menambah varian diluar penggunaan tinta.

    Sablon DTG (Direct to Garment)
    DTG printer adalah mesin cetak dengan metode tinta langsung ke kain (garmen) melalui proses pre-treatment dan diakhiri proses heatpress. Dalam proses pengerjaanya benar benar sudah bergantung pada mesin. Dan biasanya tinta disesuaikan dengan jenis kain yang akan digunakan. Kelebihan Sablon DTG printer adalah metode sablon ini merupakan hasil teknologi mutahir dalam proses pengerjaan sablon, namun memerlukan kocek yang cukup dalam, karena kaos putih dengan mesin DTG sendiri dan kaos warna juga menggunakan mesin DTG sendiri, belum membayangkan jenis tinta yang dipakai harus sesuai dengan media kain yang akan digunakan untuk kualitas terbaik.


Kekurangan dari metode sablon diatas akan segera saya bahas secepatnya. Cukup sekian pembahasan mengenai sablon, bila tertarik mengenai ilmu sablon silahkan baca,

Macam-Macam Tinta Sablon Manual

Semoga bermanfaat.

[ B.O.Y ]

Bila artikel ini membantu. Luangkan waktu 1 menit sobat untuk Like ( share ) maupun berkomentar.
Terima kasih

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of