Tutorial Photoshop Lengkap Step by Step

unduhanBelajar menggunakan Photoshop dan langkah desain menggunakan Photoshop beserta gambar. Dari awal hingga akhir, basic bagi pemula yang ingin belajar desain menggunakan photoshop. Sebenarnya mendesain menggunakan software apapun itu terasa menyenangkan, hanya kita memilih software yang kita gunakan sesuai kebutuhan. Photoshop sendiri memiliki basic Bitmap sehingga kualitas gambar tergantung pixel yang kita pilih. Bergantung (Resolution).

  • Bila hasil akhir render gambar memiliki pixel sedikit, gambar akan lebih cepat di upload karena berukuran kecil 50-200 kb. Biasanya gambar akan digunakan untuk website, Namun bila terlalu kecil ukuran gambar tersebut, tampilan gambar akan menjadi pecah, kurang jelas atau kabur.
  • Bila hasil akhir render gambar memiliki pixel banyak, gambar akan lebih lama di upload karena berukuran besar. Sehingga bila dipasang di website, pengunjung yang membukanya akan terasa agak lama. Namun kualitas gambar bisa dipastikan bagus dan jelas.

Sehingga sobat bisa membayangkan tujuan editing ini dilakukan agar hasil akhir nanti optimal sesuai kebutuhan. oke, langsung saja bila sobat tertarik untuk belajar Photoshop silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka Shortcut Photoshop
    tutorial photoshoptutorial photoshop1
  2. Membuat Ukuran Kanvas yang nantinya akan kita gunakan sebagai media pembatas. Bisa juga kita gunakan untuk Background gambar.
    Lihat dok paling atas Pilih File – New (ctrl + N)
    tutorial photoshop2
  3. Name : Nama file yang nantinya kita save sebagai berkas edit. Yang memiliki format .psd
    Preset : Ukuran standart yang tersedia, International Paper adalah ukuran A4 standart kertas print.
    Namun kita bisa merubah menjadi custom. Dan set standart yang kita buat bisa juga kita simpan sehingga kita tidak perlu repot-repot menseting ketika kita akan mengedit berkas baru lainya.
    Width-Hight : Lebar dan Tinggi Kanvas. Bisa kita ubah satuanya misal, Centimeter, Pixel, inch dan lainya sesuai kebutuhan.
    Resolution : Jumlah kotak kecil yang menampilkan gambar per inch (kerapatan gambar)
    misal 300 bisa kita artikan 300 kotak kecil penampil gambar per 1 inch nya.
    Color mode : Gunakan RGB bila nantinya gambar tidak dicetak, hanya untuk website atau disimpan dan di tampilkan di komputer. Dan CMYK bila nantinya akan dicetak atau di print.
    Background : Pilih sesuai kebutuhan white, color, atau transparent.
    Untuk Adance silahkan gunakan standart saja.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam tahap belajar menggunakan Adobe Photoshop. Versi yang saya gunakan CS 6 sehingga silahkan menyesuaikan untuk versi lainya.

Bermacam-macam desain menarik menggunakan efek – efek Photoshop

Mengedit Tulisan di Photoshop

Silahkan dilanjutkan dengan berkreasi Sesuai imajinasi sobat. Demikian post kali ini semoga dapat membantu sobat dalam belajar photoshop.

Semoga bermanfaat.

[ B.O.Y ]

Bila artikel ini membantu. Luangkan waktu 1 menit sobat untuk Like ( share ) maupun berkomentar.
Terima kasih

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of